Prehenita, - (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASIMATEMATIS SISWA KELAS VIIMTs BAHRUL ULUM. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
KPER RENTA.pdf Download (580kB) |
|
Text
1-3 RENTA.pdf Download (547kB) |
|
Text
4-5 RENTA'.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII MTs Bahrul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain The Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dankelas VIIB. Pada kelas eksperimen diterapkan model discovery learningdan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Kelas sampel diperoleh dengan cara teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIB kelas eksperimen. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan representasi matematis adalah tes uraian. Sebelum tes dilaksanakan terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk analisis validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Setelah data tes kemampuan representasi diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors.Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal, dengan demikian pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan diperolehtabelhitungzzyaitu 3,89 1,96 dengan nilai 05,0, maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII MTs Bahrul Ulum.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 07:20 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 07:21 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/637 |
Actions (login required)
View Item |