PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIISMPN 2 RAMBAH HILIR

Azizah, - (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIISMPN 2 RAMBAH HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
KOPER AZIZAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1-3 AZZAH.pdf

Download (723kB)
[img] Text
4-5 AZIZH.pdf

Download (255kB)
[img] Text
index.html

Download (115kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan oleh proses pembelajaranyangmasih berpusat pada guru dan siswa pasif. Penelitian inimemilikitujuan untuk melihat adaatau tidaknyapengaruhmodel pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 2 Rambah Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Two-Group PosttestOnly. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 95 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran model pembelajaran problem based learning, sedangkan kelaskontrol dilakukanpembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis, yaitu menggunakan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan diperolehtabelhitungzzyaitu 5,41 1,96 dengan nilai05,0maka tolakH0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 2 Rambah Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:53
Last Modified: 30 Nov 2023 07:25
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item