PENGARUH MODEL ACCELERATED LEARNING (AL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RAMBAH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

HARTO MARUBA MANULANG, - (2016) PENGARUH MODEL ACCELERATED LEARNING (AL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RAMBAH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
HARTO MARUBA COVER.pdf

Download (158kB)
[img] Text
HARTO MARUBA BAB 1-3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
HARTO MARUBA BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning (AL) dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri 42 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII.7 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes dan observasi. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 80,00 dan kelas kontrol 75,00. Hasil perhitungan pada uji hipotesis diperoleh 2,61 (t hitung ) > 2,09 (t tabel ) untuk taraf signifikan = 0,05 karena t hitung >t tabel maka H a diterima dan H 0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Accelerated Learning (AL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 05 Dec 2019 07:40
Last Modified: 05 Dec 2019 07:40
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item