ULYA, SITI (2024) APLIKASI SETORAN AYAT DAN PENILAIAN SCORE KELULUSAN SISWA BAGI SEKOLAH BERBASIS ANDROID (Studi Kasus MTS Sejahtera Bersama). Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (734kB) |
![]() |
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB 4 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) | Request a copy |
Abstract
Menghafal Al-Qur'an adalah suatu tugas yang sulit dan tanggung jawab yang sangat besar dan mulia. Menghafal Al-Qur'an itu mudah dan sulit, mudah dihafal tetapi sulit untuk diingat. Permasalahan yang dihadapi oleh para penghafal Al-Quran sangat banyak dan beragam. Mulai dari mengembangkan minat, menciptakan lingkungan dan membagi waktu hingga metode menghafal. Saat ini banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk memperlancar proses menghafal Al-Quran. Ada berbagai cara efektif yang digunakan untuk menghafal Al-Qur'an, antara lain membaca ayat-ayat Al-Qur'an secara cermat agar dapat dihafal dengan cara menonton mushaf (an-nadzar) berulang-ulang, menyerahkan atau mendengarkan salinan Memo baru yang telah dihafal. guru (talaqqi), menghafalkan sedikit demi sedikit Al-Quran yang telah dibaca berkali-kali (takrir), mendengarkan hafalan orang lain, baik teman maupun jamaah lain (tasmi'), dan sebagainya. bahwa proses penyerahan ayat di MTS Sejahtera Bersama saat ini menggunakan cara manual, dimana setiap siswa menyerahkan ayat hafalan kepada guru tahfidz, yang kemudian dilakukan penilaian terhadap ayat hafalan tersebut dari aspek bacaan, kelancaran membaca, makhraj dan hafalannya. murid. Pada saat proses evaluasi, terkadang guru tidak dapat mendengar dengan jelas suara siswa saat menyerahkan karyanya, sehingga kesulitan dalam menilai puisi yang dikirimkan siswa. Di MTS Sejahtera Bersama, siswa diwajibkan menghafal Juz Amma dengan menyerahkan ayat hafalan kepada guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu sistem atau aplikasi berbasis Android yang dapat memudahkan hafalan ayat oleh siswa dan membantu guru agar lebih jernih dalam mendengarkan siswa. Dari hasil pengujian aplikasi dapat disimpulkan dengan adanya aplikasi setoran ayat berbasis android murid bisa setor hapalan dimana saja dan kapan saja dan guru juga bisa memberikan nilai setoran hapalan ayat dari siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an, Android, Hafalan, Setoran. |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 05:07 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 05:07 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |