PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE(TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 6 TAMBUSAI UTARA

Jantrison Nababan, - (2019) PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE(TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 6 TAMBUSAI UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
KPER JANTRISON.pdf

Download (163kB)
[img] Text
1-3 JANT.pdf

Download (297kB)
[img] Text
4-5 JANTRI.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap kemampuan Pemahaman Konsep matematis siswa kelas VII SMPN 6 Tambusai Utara. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain Two-Group Posttes Only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Tambusai Utara dengan sampel kelas VII A dan kelas VII B. Kelas sampel diperoleh menggunakan simple random sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTWdan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah soal uraian kemampuan pemahaman konsep matematis dan untuk memperoleh instrumen yang baik maka dilakukan analisis instrument yaitu validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Data posttest kemampuan pemahaman konsep matematis yang diperoleh dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya kedua kelas sampel berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang tidak homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t , hasil perhitungan diperoleh bahwa H0 ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 6 Tambusai Utara. ’

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 29 Nov 2019 08:20
Last Modified: 29 Nov 2019 08:20
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item