Juriasih, - (2022) PENGEMBANGAN MODUL ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.
Text
COVER.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (478kB) |
|
Text
BAB 4 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul aritmatika sosial berbasis pendekatan realistic mathematic education (RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian 3-D, yang terdiri dari tiga tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi dan angket praktikalitas. Hasil penelitian pengembangan modul aritmatika sosial telah melalui validasi oleh 3 validator yang terdiri dari 2 orang dosen dan 1 orang guru matematika, diperoleh hasil rata-rata keseluruhan hasil validator adalah 3,56 dengan kriteria sangat valid. Hasil penelitian pengembangan modul aritmatika sosial ini juga telah melalui uji praktikalitas oleh 2 orang guru matematika dan 12 orang siswa kelas VII SMP Swasta Kepenuhan Sejati, diperoleh hasil persentase rata-rata keseluruhan praktikalitas oleh guru adalah 94,31% dengan kriteria sangat praktis dan hasil persentase rata-rata keseluruhan praktikalitas oleh siswa adalah 87,73% dengan kriteria sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul aritmatika sosial ini sudah sangat valid dan sangat praktis digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Modul, Aritmatika Sosial, Realistic Mathematic Education (RME). |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Nov 2023 03:04 |
Last Modified: | 25 Nov 2023 03:04 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2402 |
Actions (login required)
View Item |