PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN KINERJA BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

ADELIA SARI SIBURIAN, - (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN KINERJA BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB 1.2.3.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan psikomotor siswa pada pembelajaran fisika dengan melakukan penilaian kinerja berbasis praktikum. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik purposive sample. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Rambah Hilir kelas X. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 pertemuan, dimana pertemuan pertama dan kedua dilakukan pembelajaran yang didukung dengan praktikum. Pertemuan pertama dan kedua dilakukan penilaian dengan LKS dan lembar observasi. Pertemuan ketiga dilakukan penilaian dengan menggunakan rubrik. Rubrik, LKS dan lembar observasi yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Setelah dilakukan penerapan pendekatan pembelajaran yang didukung dengan praktikum, kemampuan psikomotor siswa mengalami peningkatan dengan kriteria rata-rata sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai Rubrik, LKS dan lembar observasi pada pembelajaran yang didukung dengan praktikum. Pada pertemuan pertama nilai LKS terendah untuk kelas XA dan XD adalah 85 yaitu kelompok 4 dan 2. Sedangkan nilai LKS tertinggi untuk kelas XA dan XD adalah 95 yaitu kelompok 3 dan 1. Hasil observasi pada pertemuan pertama untuk kelas XA dan XD rata-rata memiliki kualitas keaktifan sangat baik. Pada pertemuan kedua nilai LKS terendah untuk kelas XA dan XD adalah 75 dan 80 yaitu kelompok 3 dan 2. Sedangkan nilai LKS tertinggi untuk kelas XA dan XD adalah 100 yaitu kelompok 2 dan 1. Hasil observasi pada pertemuan kedua untuk kelas XA dan XD rata-rata memiliki kualitas keaktifan sangat baik. Pada pertemuan ketiga kemampuan psikomotor siswa dengan menggunakan rubrik untuk kelas XA dan XD secara keseluruhan sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan psikomotor sangat baik.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 29 Nov 2019 01:30
Last Modified: 29 Nov 2019 01:30
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item