ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU PADA MATA PELAJARAN FISIKA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS MIND MAP

CICI AFYUNI, - (2015) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU PADA MATA PELAJARAN FISIKA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS MIND MAP. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB 1.2.3.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kriteria kognitif siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Map. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group time series pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik sampling jenuh. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Rambah Hilir kelas X MIA. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 seri, dimana setiap serinya dilakukan pretest, treatment dan dilakukan postest. Soal pretest dan postest yang diberikan adalah soal yang sama sebanyak 5 soal pilihan ganda pada setiap serinya. Soal yang diberikan telah diuji validitas dan reabilitasnya. Setelah model pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Map diterapkan, kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari nilai gain pada hasil belajar siswa. Nilai gain terendah adalah 0,667 dengan kriteria sedang dan nilai gain tertinggi 0,8 dengan kriteria tinggi sebanyak 10 siswa. Sedangkan kriteria kemampuan kognitif rata-rata siswa pada seri pertama adalah 0,740 dengan kriteria tinggi, nilai gain pada seri kedua adalah 0,695 dengan kriteria sedang dan pada seri ketiga adalah 0,703 dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:18
Last Modified: 28 Nov 2019 08:18
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item