INDRI SAFITRI, - (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA DI SMK NEGERI I BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
COVER.pdf Download (311kB) |
|
Text
BAB 1.2.3.pdf Download (322kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang hasil belajar kognitif fisika siswa. Faktor yang menyebabkan hasil belajar fisika rendah disekolah tersebut ialah sekolah baru saja berdiri, untuk itu sarana prasarana masih kurang memadai, metode yang digunakan guru pada saat mengajar di setiap kali pertemuan pembelajaran menggunakan metode yang sama tanpa menerapkan model-model pembelajaran yang menarik perhatian siswa sehingga siswa bosan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa tes hasil belajar kognitif. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Bangun Purba dengan jenis penelitian ini yaitu true experimental design dan desain penelitian ini control group pre-test pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bangun Purba tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data, menggunakan uji N gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Hasil tersebut dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t bahwa 4,740 > 2,024. Dengan demikian, t lebih besar dari pada t tabel (t hitung > t tabel hitung ), dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa kelas XI SMKN 1 Bangun Purba dengan taraf kepercayaan 95%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 07:57 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 07:57 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/190 |
Actions (login required)
View Item |