PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMPN 2 TAMBUSAI UTARA

AMRI SUBCHAN, - (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMPN 2 TAMBUSAI UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
cover amri.pdf

Download (756kB)
[img] Text
bab 1-3 amri.pdf

Download (410kB)
[img] Text
bab 4-5 amri.pdf

Download (450kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division ( STAD). Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan desain penelitian yang dirancang secara berkelanjutan sebanyak dua siklus.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tambusai Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode john Elliot, yang melibatkan 31 siswa sebagai subjek penelitian.subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Tambusai Utara. Instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa yang digunakan sebanyak 3 soal berbentuk uraian dan lembar observasi pada tiap siklus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada materi Bangun ruang sisi datar terdapat peningkatan .Nilai ulangan harian memiliki nilai rata-rata sebesar 67,8 dan varians sebesar 68,71 . Nilai post tes I pada siklus I lebih besar dari pada nilai ulangan harian , dengan rata-rata 77,1 dan varians 48,19 .Kemampuan representasi matematis siswa posttes II pada siklus II lebih tinggi dari pada nilai ulangan harian dan nilai post tes I dengan rata-rata 80,9 dan varians 45,60. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division ( STAD) dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa Kelas VIII A pada SMPN 2 Tambusai Utara A

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:18
Last Modified: 28 Nov 2019 08:18
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item