PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASIMATEMATIS SISWA KELAS VIIMTs BAHRUL ULUM

Prehenita, - (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASIMATEMATIS SISWA KELAS VIIMTs BAHRUL ULUM. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
KPER RENTA.pdf

Download (580kB)
[img] Text
1-3 RENTA.pdf

Download (547kB)
[img] Text
4-5 RENTA'.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII MTs Bahrul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain The Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dankelas VIIB. Pada kelas eksperimen diterapkan model discovery learningdan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Kelas sampel diperoleh dengan cara teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIB kelas eksperimen. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan representasi matematis adalah tes uraian. Sebelum tes dilaksanakan terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk analisis validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Setelah data tes kemampuan representasi diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors.Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal, dengan demikian pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan diperolehtabelhitungzzyaitu 3,89 1,96 dengan nilai 05,0, maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII MTs Bahrul Ulum.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 06 Dec 2019 07:20
Last Modified: 06 Dec 2019 07:21
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item