ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH (Capsicum annum L) DI KECAMATAN KEPENUHAN

AHMAD KOSASIH, ENNANG (2023) ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH (Capsicum annum L) DI KECAMATAN KEPENUHAN. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam pertanian di Indonesia semakin beragam, salah satunya adalah tingginya permintaan pasar akan kebutuhan pokok sehari- hari. Hal ini tentu akan berdampak pada stabilitas ketahanan pangan masyarakat. Adanya masalah tersebut mendorong anggota keluarga petani untuk berupaya menjaga ketahanan pangan melalui usahatani cabai merah di Kecamatan Kepenuhan. Cabai merupakan makanan pokok yang semakin dibutuhkan seiring dengan pertumbuhan penduduk dan ekonomi.Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman yang menunjang pemenuhan gizi masyarakat sebagai sumber vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat. Jenis cabai yang paling banyak ditanam oleh masayarakat adalah cabai merah besar. Permintaan cabe semakin hari semakin semakin tinggi seiring bertambahnya jumlah penduduk menurut banyak sekali negara. Dengan demikian, budidaya cabe adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi petani tidak hanya untuk pasar domestik namun pula untuk pasar ekspor. Penenlitian ini dilakukan untuk mengetahu Ananlisis Usahatani Cabai merah , bagaimana sistem saluran pemasaran cabai merah, dan Analisis Pemasaran Cabai Merah di Kecamatan Kepenuhan dimulai dari Bulan Maret hingga Mei 2022. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Penentuan sampel petani menggunakan rumus slovin. Penarikan sampel pedagang dengan menggunakan teknik snow ball sampling yaitu atas informasi dan sampel akan dikembangkan kesampel berikutnya dan diperoleh sampel sebanyak 63 sampel. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa pendapatan usahatani cabai merah di Kecamatan Kepenuhan adalah sebesar Rp.326,642,646/Tahun, dengan rata-rata produksi 2.905/Kg per Tahun. Sistem saluran pemasaran cabai merah di daerah penelitian terdapat dua jenis saluran yaitu saluran semi langsung, dan saluran tidak langsung. Dari hasil analisis margin pemasaran setiap agen saluran pemasaran yang memiliki keuntungan bersih terbesar adalah ditingkat pengecer yaitu Rp. 2.999.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Pemasaran, Cabai Merah
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:14
Last Modified: 26 Sep 2023 02:14
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item View Item