CANDRA, - (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIAL (SETS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS FISIKA SISWA KELAS X SMA N 3 TAMBUSAI UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
COVER.pdf Download (745kB) |
|
Text
BAB I.3.pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi sains fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Tambusai Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tambusai Utara melalui teknik purposive sampling. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Tambusai Utara.Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner dan teknik dokumentasi. Berdasarkan teknik analisis data pada kuisioner diperoleh data bahwasanya siswa sebelum menggunakan pendekatan SETS literasi siswa sangat rendah, namun setelah menggunakan pendekatan SETS dalam melaksanakan pembelajaran meningkat yaitu siswa sudah mampu dengan mandiri mencari buku-buku literasi sains lain dari perpustakaan, internet bahkan mengeksperimenkannya sebesar 25%-44,4% dengan kriteria cukup. Siswa sudah mampu mengemukakan pendapat berdasarkan konsep-konsep ilmuwan melalui literasi sains 47,2%-50% dengan kriteria cukup. Serta siswa dapat mengetahui peranan, fungsi dan aplikasi sains dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan literasi sains yang dilaksanakan dalam pembelajaran sebesar 36,1%-44,4% dengan kriteria cukup. Dalam pembelajaran menggunakan pendekatan SETS siswa secara langsung dapat mengaplikasikan sains yang berkaitan dengan teknologi, lingkungan dan sosial sebesar 47,2%-50% dengan kriteria cukup.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 07:45 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 07:53 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/95 |
Actions (login required)
View Item |