PENGARUH MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIISMP NEGERI 3 RAMBAH

VERA SITI NURZANAH SIRAIT, - (2019) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIISMP NEGERI 3 RAMBAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
koper vera siti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1-3 vera.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4-5 verA.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explainingterhadap kemampuan komunikasimatematis siswa kelas VII SMPN 3 Rambah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dan populasinya seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Rambah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random samplingyang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explainingdan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes uraian yang telah dilakukan analisis validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Mann Whitneydengan hasil zhitung:3,400lebih besar dari ztabel:0,4997yang menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explainingterhadap kemampuan komunikasimatematis siswa kelas VII SMPN 3Rambah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 05 Dec 2019 06:37
Last Modified: 05 Dec 2019 06:37
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item