SUNDARI, - (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISSISWA MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBINGSISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 RAMBAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
KOPER SUNDARI.pdf Download (1MB) |
|
Text
1-3 SUNDRI.pdf Download (658kB) |
|
Text
4-5 SUNDRI.pdf Download (433kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat ada atau tidak perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran penerapan model penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Rambah, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VII1sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu soal tes kemampuan representasi matematis. Peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan perhitungan N-Gain, dari hasil perhitungan N-Gain, diperoleh rata-rata N-Gainpeningkatan pada kelas ekperimen bernilai 0,74 sedangkan pada kelas kontrol bernilai 0,63. Hasil uji kesamaan rata-rata dengan diperoleh nilai Zhitung: 2,48 lebih besar dari Ztabel: 1,96. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran penerapan model penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 09:01 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 09:01 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/319 |
Actions (login required)
View Item |