ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BUMDes KARYA AGUNG MANDIRI DI DESA PASIR AGUNG KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU

KHAIRANI, ANISA AYU (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BUMDes KARYA AGUNG MANDIRI DI DESA PASIR AGUNG KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah pelanggan BUMDes pada tahun 2024 peningkatan pelanggan begitu signifikasi, namun yang menjadi permasalahan adalah setiap tahun terdapat pelanggan BUMDes yang keluar dari ruang lingkup tersebut dikarenakan pelayanan yang kurang baik ke pelanggan BUMDes dan masih banyak masyarakat yang belum atau tidak tertarik menjadi pelanggan BUMDes sehingga penilaian kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan BUMDes Karya Agung Mandiri Di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Costumers Statisfaction Index (CSI). Adapun responden dalam penelitian ini adalah pelanggan BUMDes Karya Agung Mandiri Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 252 orang. Sampel diambil secara sengaja dengan melihat nasabah yang masih aktif selama 5 tahun dan diperoleh sampel sebanyak 75 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa dari metode Importance Performance Analysis (IPA) terdapat 3 atribut yang termasuk kedalam Kuadran I, 9 atribut pada Kaudran II, 10 atribut pada Kuadran III, dan 3 atribut pada Kuadran IV. Sedangkan hasil dari metode Costumers Statisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan untuk atribut kualitas pelayanan pelanggan adalah 77,04% berada pada rentan 66% - 80% dengan kateogri “puas”. Artinya secara keseluruhan pelanggan BUMDes Karya Agung Mandiri sudah puas atas pelayanan yang diberikan oleh BUMDes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pentingnya analisis kerja dan kepuasan pelanggan
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:23
Last Modified: 18 Sep 2025 04:23
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/3020

Actions (login required)

View Item View Item