NURMALA SARI, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING(CORE) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASIMATEMATIS SISWA KELAS IXSMP N 2TAMBUSA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
kper nurmla.pdf Download (423kB) |
|
Text
1-3 nurmla.pdf Download (603kB) |
|
Text
4-5nurmala.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
Abstract
11Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeConnecting Organizing Reflecting Extending(CORE) Terhadap Kemampuan RepresentasiMatematis Siswa Kelas IXSMP N 2 TambusaiNurmala SariProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Pasir Pengaraian2019ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajarankooperatif tipeConnecting Organizing Reflecting Extending (CORE)terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas IX SMPN 2 Tambusai. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimentdengan desain the Posttest Only Control Gruop Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Tambusai dengan sampel kelas IX A dan kelas IX B. Kelas sampel diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipeConnecting Organizing Reflecting Extending (CORE)dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang valid, memiliki daya pembeda yang baik ,tingkat kesukaran yang baik serta reliabilitas.Data posttest kemampuan representasimatematis yangdiperoleh dilakukan analisis data untuk mengujihipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lillieforsyang hasilnya kedua kelas sampel berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t, hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabelyaitu 6,3870 > 2,0167 untuk α= 0,05 maka H0ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajarankooperatif tipeConnecting Organizing Reflecting Extending (CORE)terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas IX SMPN 2 Tambusai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 01:52 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 01:52 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/290 |
Actions (login required)
View Item |