Jannah, Wirdatul (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS X SMAN 3 RAMBAH HILIR. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (694kB) |
|
Text
BAB 4 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman kelas X SMAN 3 dalam menyelesaikan soal materi fungsi komposisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 34 siswa kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dari 3 soal yang diujikan, terdapat kesalahan membaca masalah (reading) sebesar 46,07% yang disebabkan karena tidak mampu membaca atau mengenal simbol-simbol pada soal, kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan memahami masalah (chomprehension) sebesar 46,07% yang disebabkan karena tidak dapat memahami apa yang diketahui dan ditanya pada soal, kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan transformasi masalah (transformation) sebesar 11,76% yang disebabkan karena tidak mampu membuat model matematika dengan lengkap. Kesalahan keterampilan proses (process skill) sebesar 43,13% yang disebabkan karena tidak mampu membuat langkah-langkah yang akan digunakan pada soal, ceroboh dalam proses perhitungan tidak memanfaatkan waktu dengan baik, terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Kesalahan jawaban akhir (encoding) sebesar 75,49% yang disebabkan karena tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban soal tersebut, pada kesimpulan tidak tepat dalam menuliskan notasi, tidak dapat memberikan jawaban dengan tepat, tidak teliti dalam menyelesaikan soal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Fungsi Komposisi |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 07:45 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 07:45 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2387 |
Actions (login required)
View Item |