Purwantoro, . and Heffi, Christya Rahayu (2014) KONTRIBUSI MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA S1 UNTUK MEMILIH KULIAH DI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN. KONTRIBUSI MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA S1 UNTUK MEMILIH KULIAH DI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN, 3 (1). pp. 21-40. ISSN 2301-9506
Text
1 Januari 2014 Jurnal OJS Kontribusi Marketing MIX Terhadap Keputusan Mahasiswa.pdf Download (212kB) |
Abstract
Persaingan bisnis dibidang jasa, khususnya perguruan tinggi, akan terus mengalami perubahan seiring dengan perubahan pola pikir masyarakat yang dinamis dan perubahan kekuatan global. Sehubungan dengan hal tersebut, mengerti kebutuhan dan keinginan masyarakat adalah suatu hal yang sangat penting yang dapat dijadikan senjata suatu perusahaan untuk memenangkan pasar. Penelitian ini dilaksanakan di Kuliah Di Universitas Pasir Pengaraian yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pendidikan. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif, yaitu penelitian yang bertujuan mencari hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Riset yang dilakukan adalah survey dengan menggunakan kuisioner , untuk melihat pengaruh variabel independen (marketing mixjasa yang terdiri: produk, harga, lokasi, promosi, orang/penyedia jasa, proses, dan bukti fisik) terhadap variabel dependen (keputusan mahasiswa memilih Kuliah Di Universitas Pasir Pengaraian). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel marketing mix terhadap keputusan mahasiswa memilih Kuliah Di Universitas Pasir Pengaraian. Dalam mengukur keputusan mahasiswa dalam memilih Kuliah Di Universitas Pasir Pengaraian disini digunakan kuisioner yang berisikan setuju atau tidaknya mahasiswa terhadap komponen-komponen variabel marketing mix yang ada. Selanjutnya data tersebut diolah dengan menggunakan metode regresi linier berganda melalui proses SPSS 18, menggunakan uji F, uji t, dan koefisien korelasi untuk menjawab hipotesis. Disamping itu juga dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas guna mendapatkan hasil yang tidak bias. Dari hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh bahwa seluruh variabel marketing mixyang ada secara simultan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Universitas Pasir Pengaraian dan secara parsial hanya variabel promosi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa S1 memilih Kuliah Di Universitas Pasir Pengaraian, dan variabel produk merupakan variabel yang berpengaruh dibanding dengan variabel lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial > 330 - 339 Ilmu Ekonomi > 330 Econmics/Ilmu Ekonomi Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial > 330 - 339 Ilmu Ekonomi > 330 Econmics/Ilmu Ekonomi Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial > 330 - 339 Ilmu Ekonomi Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial > 330 - 339 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Dr. Heffi Christya Rahayu, SE., M.Si. |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 04:35 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 04:35 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1558 |
Actions (login required)
View Item |