PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ROKAN HULU

HALIJAH, - (2020) PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ROKAN HULU. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1-3.pdf

Download (540kB)
[img] Text
bab 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://perpus.upp.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem informasi manajemen dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit umum daerah rokan hulu. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pesien di Rumah Sakit Umum Daerah Rokan hulu dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data - data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 8,303 + 0,729X1 – 0,143X2 +e. Dimana variable kualitas pelayanan Y, variable sistem informasi manajemen X1 dan variable budaya organisasi X2. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variable X1 yang berpengaruh secara parsial terhadap variable dependen kualitas pelayanan, sedangkan X2 tidak berpengaruh secara signifikan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen kualitas pelayanan. Angka R Square sebesar 0,201 menunjukkan bahwa 20% variabel kualitas pelayanan dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 80% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hanya variabel sistem informasi manajemen yang berpengaruh secara parsial sedangkan budaya organisasi tidak sedangkan secara simultan variable sistem informasi manjemen dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di RSUD Rokan Hulu. Peneliti menyarankan agar pimpinan RSUD Rokan Hulu lebih menjadikan sistem informasi manajemen sebagai perhatian utama dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pasien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Budaya Organisasi, dan Kualitas Pelayanan
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 650 - 659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 650 - 659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:41
Last Modified: 20 Sep 2022 02:41
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item