ANALISA PERILAKU KONSUMEN DARI STRUK BELANJA MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS (Toko Wahdana Mall Pasir Pengaraian)

Mona, - (2020) ANALISA PERILAKU KONSUMEN DARI STRUK BELANJA MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS (Toko Wahdana Mall Pasir Pengaraian). Sarjana thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1-3.pdf

Download (461kB)
[img] Text
bab 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumen adalah kegiatan seorang konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan barang-barang dan jasa yang telah dibelinya, juga termasuk dalam faktor-faktor pelanggan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk. Selain itu, konsumen mengambil keputusan pembelian dengan didasari sifat yang ada di dalam dirinya, salah satunya rasa ingin dihargai, dihormati, dan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya. Sistem pelayanan konsumen pada Wahdana Mall sama seperti pelayanan Mall pada umumnya, setiap karyawan melayani setiap konsumen yang berbelanja dengan memandu atau mengarahkan serta mempromosikan kepada konsumen produk yang sedang laris terjual pada Wahdana Mall untuk menarik perhatian konsumen. Untuk itu, diperlukan suatu metode untuk menganalisa prilaku konsumen dari struk belanja di toko wahdana menggunakan metode Market Basket Analisys. Market basket analysis menganalisis hubungan antara item pada transaksi untuk menemukan pengetahuan bermakna yang dapat digunakan untuk strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan item secara bersamaan. Market basket analysis merupakan tool yang memegang peranan penting dalam melakukan analisis data yang diterapkan pada sistem penjualan. Association Rule sebagai teknik dalam Data Mining digunakan untuk menghasilkan analisa dalam Market Basket Analysis berupa aturan-aturan asosiasi yang berisi data-data kualitatif. Sistem ini dirancang dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pada penelitian dengan 236 transaksi diperoleh rata-rata nilai support x confidence 50 % dari nilai support 26 % nilai support menghasilkan 10 aturan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Market Basket Analisys, Perilaku Konsumen, Struk Belanja
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum
Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum

Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer
Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username AdminPustaka
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:46
Last Modified: 23 Dec 2021 02:46
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item