PENGARUH MODELDISCOVERY LEARNINGDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAPKEMAMPUANPEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS SISWAKELAS VIII SMPN 2 RAMBAH HILIR

Riana, - (2018) PENGARUH MODELDISCOVERY LEARNINGDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAPKEMAMPUANPEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS SISWAKELAS VIII SMPN 2 RAMBAH HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
kper riana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4-5 riana.pdf

Download (758kB)
[img] Text
4-5 riana.pdf

Download (758kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan oleh proses pembelajaranyangmasih berpusat pada guru dan siswa pasif.Penelitian inimemilikitujuan untuk melihat apakah ada pengaruh model discovery learningdengan pendekatansaintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Rambah Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen)dengan desain penelitian Two-Group PosttestOnly. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelasVIIISMPN 2 Rambah Hilir. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII Asebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Csebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimenmenggunakanpembelajaran model discovery learning dengan pendekatan saintifik, sedangkan kelas kontrol menggunakanpembelajaran konvensional. Data kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh dengan teknik tes. Tes diberikan pada akhir pembelajaran dengan instrumen yaitu soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang telah dilakukan analisis validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu ujinormalitas. Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal, dengan demikian pengujian hipotesis dilakukan dengan ujiMann Whitney. Hasil perhitungan diperolehtabelhitungzzyaitu 3,86 1,96 dengan nilai05,0, maka tolakH0. Sehingga dapat disimpulkanbahwa ada pengaruh model discovery learning dengan pendekatan saintifikterhadap kemampuan pemahaman konse

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 10 Dec 2019 01:23
Last Modified: 10 Dec 2019 01:23
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item