ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI TAHU DI DESA MAHATO KECAMATAN TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU

ALDI HSB, MUHAMMAD (2025) ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI TAHU DI DESA MAHATO KECAMATAN TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy

Abstract

Tahu merupakan produk bernilai tambah terbuat dari produk kedelai yang sudah diproduksi dalam skala agroindustri. Pendapatan dan strategi pemasaran merupakan hal yang harus diperhatikan dalam pengembangaan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya biaya, penerimaan, pendapatan dan keuntungan usaha tahu, menganalisis lingkungan internal dan eksternal yang terdapat pada pengembangan usaha tahu dan merumuskan strategi pengembangan usaha tahu di Desa Mahato. Metode sensus digunakan untuk pengambilan sampel diperoleh sampel sebanyak 3 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha produksi tahu memiliki penerimaan berjumlah Rp 21.280.000/bulan. Pendapatan usaha berjumlah Rp 3.871.000/bulan. Sedangkan keuntungan berjumlah Rp 3.486.028/bulan. Kekuatan yang terdapat pada pengembangan usaha tahu adalah produk tidak menggunakan bahan pengawet, karyawan sudah berpengalaman, proses produksi menggunakan teknologi uap dan memiliki ketersediaan bahan baku. Kelemahan adalah perencanaan pengembangan usaha kurang maksimal, kemampuan dalam memperluas pangsa pasar sangat rendah, kurangnya promosi (sosial media), belum ada standar ukuran produk tahu, tidak memiliki label usaha. Peluang yang terdapat pada pengembangan usaha tahu adalah banyaknya produk olahan dengan bahan dasar tahu, bertambahnya jumlah penduduk, kesadaran akan gaya hidup sehat dan perkembangan teknologi yang maju. Ancaman adalah banyaknya pengusaha menjual produk yang sejenis, munculnya varian produk tahu dari pesaing, semakin menipisnya pasokan kayu sebagai bahan bakar, meningkatnya harga kacang kedelai dan turunnya harga barang subtitusi tahu. Hasil Analisis matrik SWOT adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas produk, menggunakan sosial media sebagai media promosi untuk menambah jumlah konsumen, memperluas pangsa pasar dengan melakukan promosi di sosial media, konsisten dengan ukuran produk dengan memanfaatkan teknologi dan pemotongan produk, meningkatkan efektivitas penggunaan sumber daya, menciptakan varian produk tahu tanpa bahan pengawet dan membuat ukuran produk serta dengan varian yang beranekaragam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pendapatan, Strategi Pengembangan
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:30
Last Modified: 18 Sep 2025 04:30
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item