STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA MAKANAN RUMAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI DESA RAMBAH MUDA (Studi Kasus pada Usaha Dapoer Puspa)

UDIK CAHYONO, AHMAD (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA MAKANAN RUMAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI DESA RAMBAH MUDA (Studi Kasus pada Usaha Dapoer Puspa). Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy

Abstract

Desa Rambah Muda terdapat 21 penjual makanan rumahan. Penjual tersebut menjual makanan rumahan berupa berbagai macam lauk pauk seperti sup, ayam geprek, sayur lodeh dan bakso. Selain itu, ada juga yang menjual kue-kue seperti kue bolu, onde-onde, kue lupis dan kue lapis. Kebanyakan dari penjual tersebut menggunakan media sosial Facebook sebagai media promosi dagangannya. Namun, dengan banyaknya jumlah penjual produk makanan rumahan yang ada di Desa Rambah Muda tentunya Usaha Rumahan Dapoer Puspa pasti saling bersaing dalam memasarkan produk mereka. Tidak hanya bersaing dalam hal produk, namun pastinya mereka juga bersaing dalam strategi komunikasi pemasarannya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh usaha dapoer puspa dan mengetahui hambatan yang terjadi dalam komunikasi pemasaran di usaha dapoer puspa. Teknik pengambilan sampelnya yaitu metode studi kasus di Usaha Dapoer Puspa. Metode pengumpulan data yang di gumakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara langsung kepada ouner Usaha Dapoer Puspa. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif . hasil penelitian ini adalah Usaha Dapoer Puspa sudah menerapkan semua unsur-unsur yang ada dalam strategi komunikasi pemasaran yaitu advertising, sales promotion, personal selling, public relation, direct marketing. Usaha Dapoer Puspa sudah menggunakan media promosi dengan poster yang didesain secara menarik, namun hal itu malah mengurangi minat pelanggan dalam membeli produk. Usaha Dapoer Puspa dijalan kan oleh owner sendiri yaitu Debby Puspa Sari Dewi yang dibantu oleh keluarganya saja Usaha Dapoer Puspa memiliki kendala atau hambatan dalam menjalan kan usahanya yang menggunakan media sosial sebagai media pemasaran yaitu kendala pada jaringan jika terdapat orderan diwilayah yang susah jaringan. Selain terdapat hambatan pada jaringan, bahan baku yang cukup susah didapatkan juga manjadi hambatan pada usaha makanan rumahan Dapoer Puspa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: : komunikasi pemasaran, media sosial, facebook
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:00
Last Modified: 18 Sep 2025 02:00
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item View Item