MUSDIANA, - (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPEEVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH)TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATISSISWA KELAS VIISMPNEGERI 1RAMBAH HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
KOPER MUSDIANA.pdf Download (806kB) |
|
Text
1-3 MUSDIANA.pdf Download (876kB) |
|
Text
4-5 MUSDIANA.pdf Download (510kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH)terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1Rambah Hilir. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimentdengan desain the Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1Rambah Hilirdengan sampel kelas VII A dan kelas VII B. Kelas sampel diperoleh menggunakan teknik non probability samplingyang dilakukan secara purposive sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH)dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah soaluraian kemampuan pemahaman konsep matematisdan untuk memperoleh instrumen yang baik maka dilakukan analisis instrument yaitu validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Data posttest kemampuan pamahaman konsep matematis yangdiperoleh dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya data tersebut tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan mann whitney, hasil perhitungan diperoleh Zhitung > Ztabelyaitu 3,23 > 0,4994 untuk α= 0,05 maka H0ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH)terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIISMP Negeri 1Rambah Hilir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 08:48 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 08:48 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/285 |
Actions (login required)
View Item |