PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs THAMRIN YAHYA RAMBAH HILIR

Misnawati, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs THAMRIN YAHYA RAMBAH HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
KOPER MISNAWATI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1-3 MINNAWATI.pdf

Download (790kB)
[img] Text
4-5 MISNAWATI.pdf

Download (222kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan oleh proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan siswa yang kurang aktif. Model pembelajaran kooperatif tipe group to group exchange merupakan pembelajaran yang dapat mengatasi masalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group to group exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Tamrin Yahya Rambah Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Tamrin Yahya Rambah Hilir. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe group to group exchange, sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal, dengan demikian pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan diperoleh z  tabel hitung z yaitu 5,49  1,96 dengan nilai 05 ,0 , maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group to group exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Tamrin Yahya Rambah Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 29 Nov 2019 08:38
Last Modified: 29 Nov 2019 08:38
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item