ANALISA PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGGUNA JASA PENERBANGAN DALAM HAL KETERLAMBATAN PENERBANGAN DAN SANKSI BAGI MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR SEBAGAI PELAKU USAHA

OKTAVIA, NURAFNI (2023) ANALISA PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGGUNA JASA PENERBANGAN DALAM HAL KETERLAMBATAN PENERBANGAN DAN SANKSI BAGI MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR SEBAGAI PELAKU USAHA. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy

Abstract

Di era globalisasi, penerbangan merupakan salah satu moda transportasi yang sangat penting. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia mengalami ledakan jumlah maskapai penerbangan yang mengoperasikan rute penerbangan domestik dan internasional. Namun banyaknya maskapai penerbangan tidak menjamin bahwa setiap maskapai akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Faktanya, pelanggan terus menghadapi berbagai masalah saat menggunakan layanan maskapai penerbangan. Pelanggan sering mengalami penundaan organisasi penerbangan maskapai sebagai salah satu masalah mereka. Tentunya keterlambatan tersebut bertentangan dengan perjanjian pengangkutan dan mengakibatkan kerugian konsumen bagi kedua belah pihak. Undang-undang pada dasarnya telah memberikan pengaturan yang jelas sehubungan dengan remunerasi yang akan diperoleh nasabah atas kemalangan yang disebabkan muncul dari penangguhan. Namun, undang-undang undangan untuk pemberian kompensasi, sanksi, dan kompensasi tidak berfungsi dengan baik, sehingga tidak mungkin untuk secara efektif melindungi konsumen dari keterlambatan pesawat. Undang-undang dan peraturan ini tidak efektif karena sejumlah alasan. Pertama, fungsi pengawasan dan penegakan hukum dari badan yang berwenang kurang dimanfaatkan. Ini karena pembatasan yang diberlakukan oleh undang-undang dan peraturan tentang otoritas dan kurangnya sumber daya manusia. Kedua, adanya ketidakjelasan pengaturan perundang-undangan mengenai perlindungan konsumen jika terjadi keterlambatan penerbangan, dan ketiga, kurangnya sosialisasi peraturan perundang-undangan yang melarang pemberian sanksi atau kompensasi kepada konsumen, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui hak-haknya sebagai konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penerbangan, keterlambatan, konsumen.
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial > 340 - 349 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:22
Last Modified: 28 Jul 2025 04:22
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item