PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 3 TAMBUSAI

FITRIANI, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 3 TAMBUSAI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
KOPER FITRIANI.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB 1-3 FITRIANI.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB4-5 FITRIANI.pdf

Download (277kB)

Abstract

Kemampuan koneksi merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan dan harus dimiliki oleh siswa. Untuk mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis siswa perlu dilakukan solusi. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajara eciprocal Teaching terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MPN 3 Tambusai. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain Two-Group posttest only design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Tambusai dengan sampel kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII B (kelas kontrol). Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan koneksi matematis. Sebelum tes dilaksanakan terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk dianalisis validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Setelah data es kemampuan koneksi diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya kedua kelas ampel berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang tidak homogen. elanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t’, hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,88 > 2,058 untuk α = 0,05 maka H0 ditolak. ehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran eciprocal Teaching terhadap kemampuan Koneksi matematis siswa kelas VIII MPN 3 Tambusai tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 29 Nov 2019 07:14
Last Modified: 29 Nov 2019 07:14
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item