PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTs

SHAY PUTRI, SELLY (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTs. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok himpunan untuk SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 3-D yang meliputi tahap pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Rambah tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi dan lembar angket praktikalitas. Berdasarkan uji validitas RPP dengan pendekatan CTL yang telah divalidasi oleh 4 orang validator maka diperoleh persentase rata-rata hasil validasi RPP dengan pendekatan CTL adalah 86,48% dengan kategori sangat valid. Uji validitas LKS yang telah divalidasi oleh 3 orang validator maka diperoleh persentase rata-rata hasil validasi LKS adalah 85,53% dengan kategori sangat valid. Sedangkan berdasarkan uji praktikalitas RPP dengan menggunakan angket respon guru diperoleh persentase praktikalitas 90,28% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas LKS dengan menggunakan angket respon siswa diperoleh persentase praktikalitas 85,10% dengan kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL sudah sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Contextual Teaching and Learning (CTL), Himpunan, Perangkat Pembelajaran.
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 25 Nov 2023 03:14
Last Modified: 25 Nov 2023 03:14
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item