STUDENTS’ SKILL IN WRITING EXPLANATION TEXTS AT GRADE XI SCIENCE 2 OF SMA N 1 TAMBUSAI UTARA A THESIS

MUHAMMAD, KUWAT (2020) STUDENTS’ SKILL IN WRITING EXPLANATION TEXTS AT GRADE XI SCIENCE 2 OF SMA N 1 TAMBUSAI UTARA A THESIS. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi pada kelas XI IPA 2 di SMA N 1 Tambusai Utara. Populasi penelitian ini sebanyak 1 kelas yang terdiri dari 33 siswa. Peneliti menggunakan teknik total sampling untuk memilih sample. Peneliti menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini berupa nilai siswa dalam menulis teks explanation. Peneliti menggunakan ujian tertulis. Tiga orang penilai menilai hasil ujian. Setelah mengumpulkan dan menganalisa data, peneliti menemukan bahwa nilai rata-rata siswa setiap indicator berdasarkan hasil analisis adalah isi adalah 63.3, ini berarti siswa masih dalam kategori cukup untuk menulis sesuai dengan topic dan mengungkapkan penjelasan dalam teks. Organisasi adalah 59.8, ini berarti siswa menulis organisasi tidak koheren dan kadang tidak menggunakan perangkat kohesif. Penggunaan bahasa adalah 59.8, ini berarti siswa dalam kategori cukup dalam mengontrol penggunaan bahasa. Mekanisme dalam penulisan adalah 58.4, ini menunjukkan bahwa siswa kadang-kadang salah dalam memilih tanda baca dan ejaan. Dan gaya adalah 57.0, ini menyatakan bahwa siswa menulis teks explanation dalam kategori cukup. Dari 33 siswa 0 siswa (0%) mendapatkan nilai sangat bagus, 3 siswa (9%) mendapat nilai bagus, 24 siswa (73%) mendapat nilai sedang, 3 siswa (9 %) mendapat nilai kurang, dan 3 siswa (9%) mendapat nilai sangat kurang. Akhirnya, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks explanation nilai rata-ratanya adalah 59.72, yang mana dikategorikan ditingat sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Menulis, Teks Explanation
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 400 Bahasa > 420 - 429 Bahasa Inggris, Anglo-Saxon
Dewey decimal Classification Subject Areas > 400 Bahasa > 420 - 429 Bahasa Inggris, Anglo-Saxon
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:30
Last Modified: 20 Nov 2023 08:30
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2315

Actions (login required)

View Item View Item