TEACHER’S STRATEGIES IN TEACHING WRITING OF DESCRIPTIVE TEXT AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 UJUNGBATU

HUSAINI, - (2021) TEACHER’S STRATEGIES IN TEACHING WRITING OF DESCRIPTIVE TEXT AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 UJUNGBATU. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Menulis adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh para siswa. Hal itu dikarenakan kemampuan ini dapat membantu para siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka, mengerjakan pekerjaan rumah, berkomunikasi dengan orang-rang bahkan hingga mengekspresikan perasaan mereka melalui tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru bahasa inggris dalam mengajarkan writing tentang teks deskriptif pada siswa kelas sebelas di SMAN 1 Ujungbatu. Penelitian ini didesain sebagai penelitian kualitatif dan dilaksanakan di SMAN 1 Ujungbatu yang berlokasi di Kabupaten Rokan Hulu pada bulan Mei tahun 2021. Sample yang ikut dalam penelitian ini adalah salah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar siswa-siswi di kelas sebelas. Instrument yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa wawancara. Ada 20 pertanyaan yang diberikan oleh peneliti dalam proses wawancara tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa guru bahasa Inggris tersebut menggunakan strategi Think, Pair, Share (TPS) dalam mengajarkan menulis teks deskriptif kepada para siswa. Strategi TPS dapat membantu para siswa untuk lebih mudah memahami materi pembelajaran. Guru dapat mengaplikasikan strategi ini dalam proses belajar dan mengajar karena strategi TPS ini sangat mudah dan sederhana yang dapat membuat para siswa jadi lebih aktif berbagi sudut pandang mereka dengan satu sama lain. Manfaat dari menggunakan strategi TPS ini adalah para siswa dapat lebih aktif lagi dalam berpartisipasi dalam diskusi dan menyampaikan topic-topik yang diberikan. Kesulitan dalam mengaplikasikan strategi ini pada kelas online adalah terbatasnya interaksi diantara para siswa. Guru merasa sangat sulit untuk memantau seluruh siswa yang ada didalam kelas online tersebut untk tetap berada di depan layar komputer dan memperhatikan penjelasan dan indtruksi yang diberikan oleh guru tersebut dalam menerapkan strategi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Menulis, Teks Deskriptif.
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 400 Bahasa > 420 - 429 Bahasa Inggris, Anglo-Saxon
Dewey decimal Classification Subject Areas > 400 Bahasa > 420 - 429 Bahasa Inggris, Anglo-Saxon
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:09
Last Modified: 08 Nov 2023 03:09
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item