SUPENDI, - (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH RAMBAH. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text
BAB 1.2.3.pdf Download (494kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Muhammadiyah Rambah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Rambah kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan yaitu kelas X (sepuluh) dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrument yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ketuntasan pembelajaran, uji klasikal dan uji gain. Berdasarkan perhitungan dari tujuan pembelajaran yang diuji secara klasikal, diperoleh hasil bahwa terdapat 5 atau 83% dari seluruh tujuan pembelajaran tuntas dan hanya 1 atau 17% dari seluruh tujuan pembelajaran yang tidak tuntas. Dan dari hasil gain ternormalisasi, nilai gain terendah yaitu 0.59 yang dikategorikan sedang dan nilai gain tertinggi yaitu 0.83 yang dikategorikan tinggi, serta diperoleh nilai rata-rata gain yaitu 0.71 yang termasuk dikategorikan tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran TANDUR berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 08:58 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 08:58 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/213 |
Actions (login required)
View Item |