SATRIADI, - (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 RAMBAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
COVER.pdf Download (506kB) |
|
Text
BAB 1.2.3.pdf Download (382kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dengan populasinya semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rambah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran CTL dan untuk kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal objektif, yang terlebih dahulu dianalisis validitas dan reliabilitas. Sedangkan hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar. Pengujian hipotesis tersebut menggunakan uji t. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F, hasilnya data kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis, hasil perhitungannya diperoleh t = 2,92 dan t . = 2,021 Hal ini menunjukkan bahwa t > t tabel tabel ( = 0,05). Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 1 Rambah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 08:12 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 08:12 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/198 |
Actions (login required)
View Item |