PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 UJUNGBATU ROKAN HULU-RIAU

LIZA WAHYUNI, - (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 UJUNGBATU ROKAN HULU-RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
COVER.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 1.2.3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ujungbatu pada kelas X MIA 1. Permasalahan yang dirumuskan yaitu apakah terdapat pengaruh motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap motivasi belajar siswa. Sampel penelitian ini yaitu pada kelas X MIA 1, dengan jumlah 39 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw digunakan teknik korelasi product moment. Instrument yang digunakan dengan angket motivasi belajar, rpp serta silabus. Penelitian ini menggunakan analisis regresi yaitu dengan melihat hubungan antara kedua variabel. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti didapat bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat prestasi belajar siswa yang meningkat yaitu hasil ulangan siswa yang cukup memuaskan. Berdasarkan hasil perhitungan data yang diperoleh dengan menggunakan korelasi didapat bahwa nilai r hitung = 0,987 sedangkan nilai r tabel = 0,316. Dengan demikian r lebih besar dari pada r tabel ( r hitung > r tabel hitung ), pada taraf signifikasi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Ujungbatu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:08
Last Modified: 28 Nov 2019 08:08
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item