SARI, ERLA (2022) ANALISIS KINERJA PEMASARAN SERAI WANGI (Cymbopogon nardus L.) DI KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.
Text
COVER.pdf Download (438kB) |
|
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4 5.pdf Download (2MB) |
Abstract
Serai wangi merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang memiliki nilai jual yang tinggi dan tumbuh dengan baik di lahan marjinal. Prospek dan potensi serai wangi yang baik mesti ditopang dengan sistem pemasaran yang efisien untuk melindungi semua pihak yang terlibat dalam mengalirkan serai wangi dari produsen ke konsumen akhir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran dan struktur pasar. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif serta analisis deskriptif kuantitatif untuk menentukan yang dilihat dari efisiensi operasional dengan menggunakan pendekatan margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan dan biaya. Penelitian dilakukan di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu pada bulan Juli 2021, pemilihan lokasi ditentukan secara sengaja (Purposive). Penarikan sampel menggunakan rumus slovin dengan margin off error yang 10% diperoleh jumlah sampel 44 petani responden dan metode snowball sampling untuk menentukan sampel pengepul responden. Data yang digunakan meliputi data primer yang diperoleh dari petani, Pedagang Pengumpul Desa, Pedagang Pengumpul Kecamatan dan Pedagang Besar dan data sekunder diperoleh dari data-data yang relevan dengan penelitian yang berasal dari instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran minyak serai wangi di Kecamatan Rokan IV Koto termasuk efisien, hal tersebut berdasarkan identifikasi saluran pemasaran yang diperoleh bahwa saluran yang memiliki nilai margin yang terkecil adalah saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp. 8.000,- per kilogram dan dianggap saluran pemasaran yang paling efisien. Farmer’s share yang diterima petani berkisar 84,47-95,24 persen. Farmer’s share yang tertinggi yang diperoleh petani terdapat pada saluran I yaitu sebesar 95,24 persen. Rasio keuntungan dan biaya tertinggi pada tingkat petani terdapat pada saluran I yaitu sebesar 9,35. Berdasarkan indikator nilai efisien yang paling efisien terdapat yang pada saluran I sebesar 0,46 persen dan saluran pemasaran yang tidak efisien terdapat pada saluran V sebesar 6,96 persen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Serai Wangi, Saluran Pemasaran, Efisiensi, Kinerja Pemasaran |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 06:30 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 06:30 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1694 |
Actions (login required)
View Item |