ADI MURTIA, SRI (2022) ANALISIS PEMASARAN IKAN GABUS (Channa striata) SEGAR DI KECAMATAN BONAI DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.
Text
COVER.pdf Download (740kB) |
|
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (672kB) |
|
Text
BAB 4 5.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jumlah saluran pemasaran dan lembaga pemasaran ikan gabus yang terlibat di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, menganalisis tingkat efisiensi pemasaran ikan gabus di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu dengan pendekatan marjin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan terhadap biaya, dan efisensi pemasaran, serta merekomendasikan saluran pemasaran ikan gabus yang paling efisien kepada nelayan di Kecamatan Bonai Darussalam. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Populasi nelayan yang tersebar di Kecamatan Bonai Darussalam sebanyak 78 nelayan yang tersebar di 5 desa. Metode penarikan sampel yang digunakan yakni metode sampel jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel lembaga pemasaran (pedagang) cara penentuannya yaitu diambil berdasarkan keterlibatannya dalam melakukan pemasaran ikan gabus dari nelayan sampel. Pada penelitian ini sampel pedagang yang dijadikan sumber informasi adalah pedagang yang terlibat langsung dalam proses pemasaran ikan gabus dari nelayan sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diambil pada bulan April-Mei 2021 dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada tiga pola saluran pemasaran ikan gabus yaitu, saluran I: nelayan → pedagang tengkulak → pedagang pengecer → konsumen, saluran II: nelayan → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen, dan saluran III: nelayan → pedagang tengkulak → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen. Saluran pemasaran ikan gabus segar di Kecamatan Bonai Darussalam yang memiliki kinerja baik jika dilhat dari analisis biaya pemasaran, analisis marjin dan farmer’s share adalah saluran pemasaran satu karena memiliki biaya pemasaran paling kecil yaitu Rp. 9.903,06 per kilogram nya, marjin paling rendah yaitu Rp. 23.000,00 per kilogramnya, farmer’s share paling tinggi yaitu 48,89%, jika dilihat dari nilai rasio keuntungan terhadap biaya dan analisis efisiensi adalah saluran dua karena memiliki nilai rasio tinggi yaitu Rp. 4,68 dan nilai efisiensi yang diperoleh paling kecil yaitu 17,43%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ikan Gabus, Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 02:44 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 02:44 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1682 |
Actions (login required)
View Item |