PENGARUH PEMILIHAN TATA LETAK PRODUK, HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN “GRACE MART” BANGUN JAYA

NINGSIH PURNAWATI, - (2019) PENGARUH PEMILIHAN TATA LETAK PRODUK, HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN “GRACE MART” BANGUN JAYA. Skripsi thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
Tabel 1.pdf

Download (656kB)
[img] Text
Tabel 2.pdf

Download (529kB)
[img] Text
Tabel 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata lekat produk, harga dan kelengkapan pruk terhdap keputusan pembelian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling Method. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang konsumen dari Grace Mart Bangun Jaya dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R 2 ). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = -20.207+ 0,053X 1 + 0,242X 2 + 0,527X 3 + e. Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), variabel Tata Letak Produk (X 1 ), variabel Harga (X ) dan variabel Kelengkapan produk (X 3 2 ). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian. Angka R Square sebesar 0,306 menunjukkan bahwa 30,6% variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 69,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel tata letak produk, harga dan kelengkapan produk baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Grace Mart Bangun Jaya. Peneliti menyarankan agar perusahaan semakin memperbaiki tata kelola baik dari segi tata letak produk, harga maupun kelengkapan produk yang diberikan agar semakin banyak menarik konsumen untuk berbelanja. Kata Kunci : Tata letak Produk, Harga, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial
Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username FEKON
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 28 Nov 2019 04:29
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item