KENDALA GURU IPS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SMP N 8 RAMBAH HILIR TAHUN AJARAN 2019-2020

HASMINAR, - (2020) KENDALA GURU IPS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SMP N 8 RAMBAH HILIR TAHUN AJARAN 2019-2020. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://perpus.upp.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SMP N 8 Rambah Hilir. Apa saja kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum 2013 edisi revisi di SMP N 8 Rambah Hilir. Di SMP N 8 Rambah Hilir. Tujuan dari penelitian ini Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP N 8 Rambah Hilir dan kendala guru IPS dalam menerapkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SMP N 8 Rambah Hilir tahun ajaran 2019-2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Penulis menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa Implementasi kurikulum 2013 Edisi Revisi di SMP Negeri 8 Rambah Hilir belum berjalan dengan baik hal ini terlihat Penerapan kurikulum 2013 Edisi Revisi di SMP Negeri 8 Rambah Hilir Pada tahun 2014 namun setelah satu semester penerapannya diberhentikan dan tahun 2018 kurikulum 2013 Edisi Revisi diterapkan kembali, Metode pembelajaran yang sering digunakan yaitu metode ceramah, Siswa kurang aktif dalam prakteknya kelas. Kendala guru dalam penerapannya karena jam pelajaran yang kurang, kurang adanya sarana dan prasarana, penilaian yang sangat kompleks serta menyita waktu. Saran dalam penelitian ini Pemerintah harus memperhatikan bagaimana sarana dan prasarana sekolah dan melengkapi fasilitas sekolah agar implementasi kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik. Selain itu pemerintah juga menambah pemahaman guru terkait penilaian yang ada di kurikulum 2013 yaitu penilaian deskripsi dan otentik yang sampai saat ini belum dijalankan guru dengan maksimal dan untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, terutama di SMP Negeri 8 guru perlu meningkatkan kreatifitasnya dalam penggunaan metode pembelajaran supaya siswa lebih antusias ketika pembelajaran di kelas berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial > 370 - 379 Pendidikan
Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial > 370 - 379 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:51
Last Modified: 19 Sep 2022 07:51
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item