NURDIN, MUHAMMAD (2020) ANALISIS KINERJA PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA PASIR PENGARAIAN. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB 4 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan Kebersihan di Kota Pasir Pengaraian mencakup enam wilayah, yakni Kelurahan Pasir Pengaraian, Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, Desa Rambah Tengah Utara, Desa Koto Tinggi dan Desa Rambah Tengah Hilir. Permasalahan di lapangan adalah adanya masyarakat yang mengeluh dengan lambatnya pengangkutan sampah di wilayah mereka sehingga sebagian masyarakat merasa kurang puas dengan pelayanan kebersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam hal pelayananan persampahan di Kota Pasir Pengaraian dan untuk mengetahui Kinerja Pengelolaan Sampah di Kota Pasir Pengaraian. Adapun manfaat penelitian ini adalah Sebagai masukan bagi Pemerintah Daerah untuk menangani masalah persampahan di Kota Pasir Pengaraian. Teknik pengambilan dan pengolahan data Kuesioner untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tentang pelayanan persampahan didasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Untuk mengetahui kinerja pengelolaan sampah di Kota Pasir Pengaraian, penulis mencari data primer ke lapangan yakni mencari timbulan sampah dengan menghitung jumlah dan ukuran tong sampah yang tersedia, data kapasitas alat angkut sampah dan data ritasi pengangkuan sampah. Dari hasil pengamatan, penulis mengetahui bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat(IKM) terhadap pelayanan persampahan masih rendah, yakni dengan mutu pelayanan C yang berarti Kinerja Pelayanan Kurang Baik. Kinerja Pengelolaan Persampahan di Kota Pasir Pengaraian masih kurang bagus. Hal ini dilihat dari hasil penelitian di lapangan, yakni volume timbulan sampah di lapangan adalah 147,7 M³/hari, kapasitas armada pengangkut sampah 60,7 M³/hari, kapasitas sampah terangkut adalah 56,6 M³/hari dan sisa sampah tidak terangkut adalah 91,1 M³.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tingkat kepuasan pelanggan, volume timbulan sampah, kapasitas armada pengangkut sampah, kapasitas sampah terangkut, sisa sampah tidak terangkut |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 620 - 629 Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan > 620 Engineering/Ilmu Teknik Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 620 - 629 Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan > 620 Engineering/Ilmu Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 03:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 03:25 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1372 |
Actions (login required)
View Item |