BUNGA, RACHEL (2020) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 UJUNG BATU. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.
Text
COVER.pdf Download (547kB) |
|
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (654kB) |
|
Text
BAB 4 5.pdf Restricted to Repository staff only until 30 June 2020. Download (754kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Ujung Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ujung Batu yang berjumlah 102 orang. Peenetuan sampel didasarkan pada teknik random sampling atau secara acak yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan angket motivasi belajar kepada siswa yang telah dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian ini yaitu: pada indikator 1 (Adanya hasrat keinginan berhasil) dalam pembelajaran IPS dapat dikategorikan baik, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 85,6 %. Indikator 2 (Adanya dorongan dan kebutuhan belajar) dalam pembelajaran IPS dapat dikategorikan cukup, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 77,6 %. Indikator 3 (Adanya harapan dan cita-cita) dalam pembelajaran IPS dapat dikatakan baik, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 86%. Indikator 4 (Adanya penghargaan dalam belajar) dalam pembelajaran IPS dapat dikategorikan cukup, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 68,6%. Indikator 5 (Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar) dalam pembelajaran IPS dapat dikategorikan cukup, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 75,5%. Indikator 6 (Adanya lingkungan belajar yang kondusif) dalam pembelajaran IPS dapat dikategorikan cukup, karena persentase tingkat capaian sebesar 71,2%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Ujung Batu dalam pembelajaran IPS dengan persentase diperoleh tingkat capaian sebesar 77,4%. Artinya, motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran IPS berkategori cukup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Learning Motivation, Social Studies |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 900 Sejarah, Geografi dan DIsiplin Ilmu Yang Berkaitan > 900 - 909 Teori Ilmu Sejarah Dewey decimal Classification Subject Areas > 900 Sejarah, Geografi dan DIsiplin Ilmu Yang Berkaitan > 900 - 909 Teori Ilmu Sejarah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Unnamed user with username AdminPustaka |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 01:54 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 01:54 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
View Item |