PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KEPENUHAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MALA SARI, NUR (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KEPENUHAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Nur Mala Sari. 1738025. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kepenuhan Tahun Pelajaran 2019/2020. Pembimbing Utama: Welven Aida, M.Pd dan Pembimbing kedua: Dr. Hardianto, M.Pd. Pencapaian tujuan pembelajaran IPS di SMP diperlukan berbagai komponen pendidikan yang memadai. Komponen pendidikan yang dimaksud antara lain guru, materi pembelajaran, metode, media, teknik pembelajaran, sarana dan prasarana dalam lembaga penyelengara pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut, permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran antara lain guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar siswa pada saat ulangan yang dilakukan setelah menyelesaikan suatu kompetensi dasar (KD). Nilai hasil belajar siswa sebagian besar masih di bawah KKM. Tujuan perbaikan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 4 Kepenuhan. Desain prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yakni: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, serta (4) Refleksi. Keempat tahapan itu selalu dilaksanakan setiap kali pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa saat skor dasar siswa mencapai KKM 7 siswa (36,84%). Pada saat ulangan harian I siswa yang mencapai KKM naik sebanyak 13 siswa (68,42%) pada saat ulangan harian II siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa (78,95%). Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kepenuhan Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh setiap siklus. Bukan itu saja keaktifan, motivasi dan semangat siswa menjadi meningkat. Semua siswa merasa manfaat kemampuan yang dimilikinya. Siswa yang berkemampuan tinggi dapat membimbing temannya yang berkemampuan lemah sehingga pada akhirnya siswa dapat menguasai materi pelajaran. Dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: : Belajar IPS, Pembelajaran Cooperative Script, hasil Belajar
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 900 Sejarah, Geografi dan DIsiplin Ilmu Yang Berkaitan
Dewey decimal Classification Subject Areas > 900 Sejarah, Geografi dan DIsiplin Ilmu Yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Unnamed user with username AdminPustaka
Date Deposited: 21 Mar 2022 04:51
Last Modified: 21 Mar 2022 04:51
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item