ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BERAS DI KECAMATAN RAMBAH HILIR

PRATAMA, SAFRIO (2020) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BERAS DI KECAMATAN RAMBAH HILIR. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut seperti apa yang paling diminati oleh konsumen terhadap beras yang dipasarkan. Metode dalam penarikan sampel menggunakan “Metode Random Sampling”sedangkan metode analisis data menggunakan analisis Chi Square (x2).Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung sekaligus pengisian kuesioner oleh responden, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dinas yang terkait, jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu serta data primer yang diolah dan disajikan dengan baik oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang membeli beras didominasi oleh perempuan (57%) dengan kisaran usia 30-39 tahun (36,4%). Tingkat pendidikan mayoritas SMA (35%). Pekerjaan mayoritas adalah ibu rumah tangga (35,4%). Tingkat pendapatan mayoritas Rp.1.500.000,00-Rp.1.999.999,00 (36%). Jumlah anggota keluarga mayoritas 4 orang (32,4%). Alasan membeli beras yakni kebiasaan sebesar (37,4%). Frekuensi konsumsi 3 kali sehari (100%). Kepentingan mengkonsumsi sangat penting sebesar (58,6%). Keputusan pembelian terencana sebesar (62,7%). Jangka waktu seminggu sekali sebesar (50,5%). Tempat pembelian warung/kios sebesar (86,9%). Pertimbangan pembelian dekat dengan tempat tinggal sebesar (30,3%). Jarak lokasi antara 1-3 km sebesar (47,4%). Perlakuan responden membeli merek sama ditempat lain sebesar (53,5%). Perilaku responden yang tidak terpengaruh sebesar (87,9%). Tingkat kepentingan terhadap atribut yaitu nilai rata-rata tertinggi dimiliki oleh atribut harga beras (4,42) dan nilai rata-rata terendah dimiliki oleh keseragaman butir beras (3,16). Tingkat kinerja terhadap atribut yaitu nilai rata-rata tertinggi dimiliki oleh atribut merek beras (4,23) dan nilai rata-rata terendah dimiliki oleh harga beras (2,49). Tingkat penilaian terhadap atribut yaitu nilai rata-rata tertinggi dimiliki oleh atribut harga beras (8,61) dan nilai rata-rata terendah dimiliki oleh keutuhan butir beras/broken (6,84). Berdasarkan analisis Chi Square tentang analisis preferensi konsumen terhadap pembelian beras di Kecamatan Rambah Hilir tidak sama atau terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap beras.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Beras
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username AdminPustaka
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:26
Last Modified: 16 Feb 2022 06:26
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item View Item