Yohana Indr, - (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWAKELAS VIIIMTs MENAMING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
kper yohana.pdf Download (834kB) |
|
Text
1-3 yohana.pdf Download (596kB) |
|
Text
4-5 royana.pdf Download (359kB) |
Abstract
Kemampuan penalaranmatematis siswa dapat dioptimalkan dengan menerapkan salah satu pendekataan pembelajaran yaitu dengan menerapkan pembelajaran pendidikan matemtika realistik (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran pendidikn matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan penalaranmatematis siswa kelas VIIIMTs Menaming. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimentdengan desain Two-Group posttest only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIMTs Menamingdengan sampel kelas VIIIB (kelas eksperimen) dan kelas VII C(kelas kontrol).Kelas eksperimen diterapkan pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik (PMR) dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan instrumensoal uraian yang disusun berdasarkan indikator kemampuan penalaran. Data kemampuan penalaran yang telah diperoleh di analisis untuk menguji hipotesis, pengujian hipotesis menggunakan uji t’karena data berdistribusi normal dan mempunyai data yang tidak homogen. Hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabelyaitu 3,85> 2,0793 untuk α= 0,05 maka H0ditolak. Hal ini diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan penalaranmatematis siswa kelas VIIIMTs Menamingtahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 04:35 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 04:35 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/671 |
Actions (login required)
View Item |