PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAPKEMAMPUANPEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS SISWAKELAS VIII SMPN 1RAMBAH HILIR

Ermaliza, - (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAPKEMAMPUANPEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS SISWAKELAS VIII SMPN 1RAMBAH HILIR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
1-3 ERMAL.pdf

Download (547kB)
[img] Text
4-5 ERMAL.pdf

Download (465kB)
[img] Text
KPER ERMALZ.pdf
Restricted to Registered users only until 3 May 2018.

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk melihat apakah ada pengaruh pendekatan saintifk terhadap kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa kelas VIII SMPN 1Rambah Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen)dengan desain penelitian Two-Group Posttes Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMPN 1Rambah Hilir. Pengambilan sampel menggunakanteknik simple random sampling,sehingga diperoleh kelas VIII Bsebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Asebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimendilakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, sedangkan kelas kontrol dilakukanpembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tekniktesberupa soal uraian(posttest)yang telah dilakukananalisis validitas, tingkat kesukaran,daya pembeda dan reliabilitas.Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t dengan hasil thitungsebesar 5,741 dan ttabel2,004 maka tabelhitungttdengan nilai05,0, maka terima H1. Sehinggadapat disimpulkanbahwa ada pengaruh pendekatan saintifikterhadap kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa kelas VIII SMPN 1Rambah Hilir.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 06 Dec 2019 07:26
Last Modified: 06 Dec 2019 07:27
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item