Rosnely, - (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENHT(NUMBER HEADS TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWAKELAS VII SMPN 3TAMBUSAI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
kpr rosnely.pdf Download (1MB) |
|
Text
1-3 resnely.pdf Download (769kB) |
|
Text
4-5 resnely.pdf Download (483kB) |
Abstract
Kemampuan representasi merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan dan harus dimiliki oleh siswa.Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number HeadsTogether). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajara kooperatif tipe NHT(Number Heads Together) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMPN 3 Tambusai. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimentdengan desain Two-Group posttest onlydesign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Tambusai dengan jumlah siswa sebanyak 79 siswa. Pengambilan sampel secara simple random sempling, kelas VII B (kelas eksperimen) dan kelas VII A (kelas kontrol). Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT(Number Heads Together) dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan representasi matematis. Sebelum tes dilaksanakan terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk dianalisis validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Setelah data tes kemampuan representasi diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya kedua kelas sampel berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang tidak homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t’, hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabelyaitu 3,88 > 2,058 untuk α = 0,05 maka H0ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together)terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMPN 3 Tambusai tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 08:23 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 08:23 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/569 |
Actions (login required)
View Item |