ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASIR UTAMA

Efi Andari, - (2015) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASIR UTAMA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
tabel I Epi Andari.pdf

Download (507kB)
[img] Text
tabel II Epi Andari.pdf

Download (270kB)
[img] Text
tabel III Epi andari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)

Abstract

Efi Andari. 1125018. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Berobat di Puskesmas Pembantu Desa Pasir Utama. Pembimbing Utama : (Yulfita ’Aini, SE. MM), dan Pembimbing Kedua : (Asrori, Spd. MM). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien berobat di Puskesmas Pembantu Desa Pasir Utama. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Ada pun metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Acidental. Metodeanalisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji Validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Dengan menggunakan uji validitas diketahui bahwa sebagian besar indicator pada masing-masing variabel nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,297, hal ini menunjukkan penelitian ini valid untuk di lakukan. Sedangkan dengan menggunakan uji reliabilitas hasil yang diperoleh juga reliable, hal ini dikarenakan semua indicator memiliki nilai yang lebih besar dari 0,60.Dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana di simpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien, hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan regresi dengan hasil Y= 4,421+ 0,589X X, nilai tersebut menunjukkan bahwa X atau kualitas pelayanan berpengaruh pada kepuasan konsumen sebesar 0,589 atau 58,9%. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,058 artinya hubungan kedua variabel sangat rendah. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sangat kuat. Uji hipotesis diperoleh angka signifikasi sebesar 0,000. Ini artinya ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, sebab 0,000 < 0,05 itu artinya nilai regresi sudah layak atau benar. Untuk itu disarankan kepada ketua Puskesmas Pembantu Desa Pasir Utama agar lebih memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai puskesmas agar pasien mendapatkan kepuasan sesuai dengan apa yang mereka harapkan, serta perlunya mengadakan fasilitas modern supaya Puskesmas Pembantu ini bisa lebih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial
Dewey decimal Classification Subject Areas > 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username FEKON
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:30
Last Modified: 04 Dec 2019 08:30
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item