Reni Astuti, - (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE SNOWBALL THROWINGPADA SISWA KELAS VIII MTsTHAMRIN YAHYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
kipe reni astuti.pdf Download (1MB) |
|
Text
1-3 rHMyNI.pdf Download (792kB) |
|
Text
4-5 rahmayani.pdf Download (519kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwingpada siswa kelas VIII MTs Thamrin Yahya. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan design randomized pretest-posttestcontrol groupdesign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Thamrin Yahya. Pengambilan sampel secara simple random sampling, sehingga terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa soal kemampuan komunikasi matematis. Data hasil tes kemampuan yang telah diperoleh selanjutnya dilakukan analisis untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lillieforsyang hasilnya data tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis yaitu menggunakan uji Mann Whitney, hasil perhitungan diperoleh bahwa tabelhitungZZyaitu 24,274,2untuk 05,0maka tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif Snowball Throwingpada siswa kelas VIII MTs Thamrin Yahya tahunajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 07:51 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 07:51 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/308 |
Actions (login required)
View Item |