Putri Harianti, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYBERBASIS INQUIRYTERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATISPESERTA DIDIKKELAS VIIIDI SMPN 002 RAMBAH SAMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
KPER PUTRI HAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
1-3 PUTRI HAR.pdf Download (825kB) |
|
Text
4-5 PUTRI HAR.pdf Download (730kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discoveryberbasis inquiryterhadap kemampuan spasialmatematis peserta didikkelas VIIISMPN2Rambah Samo. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimendengan desain penelitian Two-Group Posttest Only. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas VIIISMPN 2Rambah Samo dengan sampel kelas VIIIBdan kelas VIII E. Kelas sampel diperoleh menggunakan teknik probability samplingyang dilakukan secara simple random sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajarandiscoveryberbasis inquirydan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah soaluraian kemampuan spasialmatematisdan untuk memperoleh instrumen yang baik maka dilakukan analisis instrument yaitu validitas, daya pembeda, tingkat kesukarandan reliabilitas. Data posttest kemampuan spasialmatematis yangdiperoleh dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilieforsyang hasilnya pada kelas eksperimen tidak berdistribusi normaldan pada kelas kontrol berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan mann whitney, hasil perhitungan diperoleh Zhitung=6,42 > Ztabel= 2,24 untuk α= 0,05 maka H0ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discoveryberbasis inquiryterhadap kemampuan spasialmatematis peserta didikkelas VIII di SMPN 2Rambah Samo
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 06:27 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 01:53 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/301 |
Actions (login required)
View Item |