NURMALA SARI, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING(CORE) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASIMATEMATIS SISWA KELAS IXSMP N 2TAMBUSA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.
Text
kper nurmla.pdf Download (423kB) |
|
Text
1-3 nurmla.pdf Download (603kB) |
|
Text
4-5nurmala.pdf Download (361kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE)terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas IX SMPN 2 Tambusai. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain the Posttest Only Control Gruop Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Tambusai dengan sampel kelas IX A dan kelas IX B. Kelas sampel diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE)dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang valid, memiliki daya pembeda yang baik ,tingkat kesukaran yang baik serta reliabilitas. Data posttest kemampuan representasi matematis yang diperoleh dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya kedua kelas sampel berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t, hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,3870 > 2,0167 untuk α = 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE)terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas IX SMPN 2 Tambusai.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FKIP |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 04:00 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 04:00 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/291 |
Actions (login required)
View Item |