PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 5 RAMBAH HILIR

HELVI NURJANA PUTRI, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 5 RAMBAH HILIR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
KOPER HELVI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-3 HELVI.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB 4-5 HELVI.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP N 5 Rambah Hilir. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain Two-group posttest only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 5 Rambah Hilir dengan sampel kelas VII 1 dan kelas VII 2. Kelas sampel diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling yang dilakukan secara undian. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah soal uraian kemampuan penalaran matematis dan untuk memperoleh instrumen yang baik maka dilakukan analisis instrument yaitu validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Data posttest kemampuan penalaran matematis yang diperoleh dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya kedua kelas sampel tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan mann whitney, hasil perhitungan diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 2,78 > 1,96 untuk α = 0,05 maka tolak H0. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP N 5 Rambah Hilir.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 29 Nov 2019 08:09
Last Modified: 29 Nov 2019 08:09
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item